Social Media Agency


ARWUDA – Tim Sukses Jokowi-Ahok berhasil menghimpun 1000 relawan sosial media. Hingga hari pencobolosan 20 September 2012 ditargetkan 10.000 relawan.

Tingginya intensitas kampanye di media sosial yang dilakukan oleh kedua pasang kandidat Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta putaran kedua ini direspon Tim Sukses Jokowi-Ahok dengan membuat Jokowi Ahok Social Media Volunteers (JASMEV).

Sejak diluncurkan 12 Agustus 2012 lalu telah 1000 relawan terkonsolidasi. Tugas utama relawan Jasmev adalah membantu menyampaikan informasi positif dan elegan mengenai pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jokowi dan Ahok kepada publik.

“Saat ini sudah ada ribuan relawan pendukung Jokowi dan Ahok di media sosial, termasuk di Twitter, Facebook, Kaskus, Blog, YouTube dan sebagainya. Mereka bekerja dengan sepenuh hati, mendedikasikan dirinya secara maksimal tanpa dibayar oleh siapapun untuk mendukung pasangan Jokowi dan Ahok memenangkan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta,” ujar Kartika Djoemadi, Koordinator Jasmev dalam rilisnya yang diterima Beritasatu.com hari ini (14/8).

Konsep dan strategi JASMEV dirancang oleh Arwuda Indonesia, sebuah Social Media Agency di Jakarta atas permintaan khusus dari Jokowi dan Ahok. Semua kanal-kanal di media sosial yang akan digunakan untuk JASMEV telah dibangun dan dalam waktu singkat telah dapat dimanfaatkan oleh para relawan Jokowi-Ahok.

Dalam melakukan koordinasi simpul-simpul para relawan di media sosial yang jumlahnya sangat banyak, dibentuklah tim kecil yang dikoordinir oleh Kartika Djoemadi. Untuk wilayah Jakarta ditunjuk dua orang relawan, yaitu Alexander Jerry dan Alexander Ferry dari posko relawan Juanda yang pertama kali menginisiasi training social media, sedangkan untuk wilayah luar Jakarta juga ditunjuk dua orang relawan, yaitu Ginanjar Rahmawan dan Bima Husadani dan berdomisili di Solo, Jawa Tengah.

Sony Subrata dari Arwuda Indonesia, menyampaikan bahwa konsep dan strategi Jasmev merupakan wujud kepedulian terhadap pemanfaatan kanal-kanal media sosial secara positif. Selama ini begitu banyak informasi yang disebarkan melalui media sosial hanya berupa kampanye negatif yang isinya mengejek atau memfitnah.

“Padahal fungsi dan kegunaan media sosial bisa lebih efektif dan efisien dalam mencerdaskan bangsa jika dimanfaatkan dengan baik. Proses demokrasi yang sehat bisa diajarkan dan disebarkan secara langsung melalui media sosial kepada berbagai lapisan masyarakat,” ujar Sony.

Relawan Jasmev, kata Kartika Djoemadi, bermula dari kekaguman pada kehadiran sosok Jokowi dan Ahok dalam kancah politik nasional. Jokowi-Ahok memiliki keunikan sebagai pasangan pluralis, memosisikan diri mereka masing-masing sebagai pelayan masyarakat yang harus melayani kebutuhan masyarakat di Jakarta.

Dukungan yang begitu besar bagi Jokowi dan Ahok sangat terlihat dalam ruang-ruang publik, termasuk di berbagai kanal media sosial. “Tugas kami adalah untuk menghimpun dan mengkoordinir para relawan di media sosial agar lebih efektif dan efisien dalam mendukung pasangan Jokowi dan Ahok dengan cara menyampaikan informasi yang positif dan elegan. Dengan adanya Jasmev, para relawan pendukung Jokowi-Ahok memiliki sarana untuk saling berbagi informasi sekaligus memberikan semangat kepada para relawan yang baru bergabung,” ujar Kartika Djoemadi.

“Salah satu keunikan dari konsep ini adalah agar para relawan tidak berkumpul di kanal-kanal Jasmev, tetapi aktif menyampaikan informasi tentang pasangan Jokowi-Ahok seluas-luasnya melalui berbagai kanal media sosial. Jasmev hanya merupakan fasilitator virtual untuk membantu dan memberikan semangat kepada para simpatisan yang sudah aktif berinteraksi di media sosial selama ini dan memberikan informasi kepada para relawan yang belum bergabung,” terang Kartika Djoemadi yang biasa dipanggil Dee-Dee.

Setiap relawan media sosial yang terdaftar di situs http://www.jasmev.com, akan mendapatkan sertifikat elektronik atau e-certificate, yang ditandatangani oleh Jokowi dan Ahok sebagai ucapan terimakasih atas dedikasi dan kontribusi para relawan. “Para relawan yang telah memberikan waktu, tenaga dan keterampilannya di media sosial akan mendapatkan suatu bentuk apresiasi yang unik dan diharapkan dapat memberikan kesan yang dalam,” kata Alexander Jerry.

Sertifikat eletronik atau e-certificate ini merupakan suatu terobosan baru dimana bentuk apresiasi ini dapat menambah portfolio dari pengalaman mereka didalam proses demokrasi. Keterampilan berkomunikasi secara virtual di media sosial akan selalu menjadi aset di dalam dunia akademik ataupun pekerjaan mereka yang akan datang nantinya.

Sertifikat elektronik ini akan dibagikan selambat-lambatnya pada tanggal 15 Oktober 2012, dan akan dikirimkan melalui email sesuai dengan nama dan alamat email yang tercantum dalam daftar relawan ketika para relawan mendaftarkan diri di situs http://www.jasmev.com.

Salah satu program unggulan Jasmev adalah lomba kreatifitas “Menulis Surat Kepada Jokowi” yang akan terpilih nanti, lomba menulis surat tersebut terbuka bagi pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum yang telah memiliki hak pilih. Program ini akan dimulai pada saat launching tanggal 12 Agustus 2012, hingga menjelang pemungutan suara tanggal 20 September 2012, dan akan diumumkan segera setelah pengumuman pemenang secara resmi dari KPUD DKI Jakarta.

Juri-juri lomba “Menulis surat kepada Jokowi” antara lain Kusmayanto Kadiman, Yudi Latif, Nico Siahaan, dan lain-lain.

Jasmev telah menjalani proses uji coba selama 7 hari dan sampai hari ini telah terdaftar lebih dari 1.000 relawan. Diharapkan menjelang hari pencobolosan tanggal 20 September 2012 nanti akan terdaftar lebih dari 10.000 relawan yang aktif di media sosial untuk mendukung pasangan Jokowi-Ahok dalam memberikan informasi yang positif dan elegan kepada publik. (Penulis: Ulin Yusron-Beritasatu)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: