Social Media Agency


Mark Zuckerberg Angkat Bicara Soal Instagram

ARWUDA – Instagram telah resmi masuk ke dalam platform Android, hal ini membuat pengguna iOS tidak lagi merasa eksklusif dalam memanfaatkan Instagram yang tadinya hanya bisa diakses melalui perangkat Apple.

Setelah kemunculan Instagram untuk Android, kini datang lagi kabar baru yang masih membicarakan seputar aplikasi Instagram ini. Tersirat kabar bahwa Instagram diakuisisi oleh jejaring sosial Facebook.

Hal ini membuat pengguna Apple dan Android sama-sama merasa kecewa terhadap kabar tersebut. Angka 1 Miliar Dollar AS atau sekitar 9,1 Triliun Rupiah merupakan harga yang muncul untuk proses ini.

Kekecewaan timbul karena banyak pengguna Instagram yang dengan sengaja tidak ingin berbagi foto mereka ke dalam Facebook, namun lebih terasa eksklusif bila foto tersebut terpajang di dunia Instagram.

Kini tak lagi eksklusif yang dirasakan, dan para pengguna menyatakan protes untuk berhenti menggunakan Instagram. Mereka ingin Instagram kembali eksklusif bagi perangkat mobile berbasis iOs dan Android.

Pendiri dan CEO Facebook, Mark Zuckerberg menanggapi hal tersebut. Mark sendiri berjanji kalau Instagram tidak akan dilebur begitu saja dengan jejaring Facebook.

Mark berkomentar langsung di akun Facebook miliknya bahwa Instagram akan dikembangkan secara independen. Terkandung unsur bisnis disana, namun yang dilakukan Facebook adalah menggali kelebihan Instagram dan menerapkan fitur serupa ke dalam Facebook. Di sisi lain, Instagram dapat memanfaatkan kekuatan teknik dan infrastruktur Facebook untuk tumbuh lebih besar lagi. Itulah mengapa Facebook berkomitmen untuk membangun dan mengembangkan Instagram dan Inilah alasan Facebook membeli Instagram dengan harga yang Fantastis :
1. Pengguna
Lebih dari 30 juta pengguna Instagram dan terus bertambah sejak dirilisnya versi untuk Android. Hal ini dilirik Facebook karena sangat berpotensi menambah jumlah pengguna jejaring sosial Facebook.

2. Mobile
Hal ini bisa menjadi alasan utama Facebook membeli Instagram. Pengguna Instagram relatif mengakses lewat mobile. Facebook juga sebenarnya berbasis mobile, namun satu kekurangan Facebook adalah kemudahan berbagi  foto atau mobile uploading. Orang bisa dengan mudahnya berbagi foto melalui Instagram.

3. Berkompetisi dengan Twitter dan Google
Alasan lain yang membuat Instagram diakuisisi oleh Facebook adalah demi mendahului gerak dua pesaing Facebook, yaitu Google dan Twitter.
Twitter merupakan pesaing kuat dari Facebook di dunia jejaring sosial. Berbasis text namun menjadi andalan Twitter sehingga memiliki pengguna yang kuat.
Demikian dengan Google, meski Google+ belum bersinar layaknya Facebook, namun hal ini tetap dipandang Facebook sebagai pesaing utama karena produk-produk hebat lainnya, seperti Google Search Engine, Fasilitas Gmail, YouTube yang berintegrasi dengan Gmail, dan lainnya. Dikabarkan bahwa Google yang memiliki dana tak terbatas disebut-sebut tertarik untuk membeli Instagram. Inilah yang membuat Facebook terburu-buru membeli Instagram.

4. Data

Lebih dari 100 juta foto yang berisi data geotagging serta data personal telah terunggah lewat Instagram. Facebook memang memerlukan data tersebut untuk keperluan mereka, salah satunya untuk kepentingan pengiklan.

Instagram juga dipastikan akan bisa digunakan untuk berbagi foto ke jejaring sosial lainnya, tidak hanya terkhusus kepada Facebook saja. Hal terpenting adalah, jika pengguna Instagram tidak ingin membagikan foto-foto mereka ke jejaring Facebook, hal tersebut juga dapat dilakukan.

Arwuda Indonesia – Social Media Agency in Jakarta

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: