Social Media Agency


Arwuda “Social Media In Jakarta” – Facebook saat ini sedang berusaha mematenkan hak merek dagang atas kata “book”.

Meski belum pasti memiliki paten tersebut, namun Facebook telah memasukkan kata “book” dalam form perjanjian hak dan tanggung jawab kepada para pengguna baru yang mendaftar.

Jika Anda adalah salah seorang pengguna baru Facebook, Anda akan menemukan permintaan persetujuan pada form perjanjian untuk tidak melanggar hak cipta atau merek dagangnya, meliputi logo F, kata Facebook, FB, Facem, Poke, Book, dan Wall.

Semua itu tidak boleh digunakan untuk kepentingan komersial tanpa ada izin dari pihak Facebook.

Padahal, hingga saat ini, Facebook belum resmi memiliki paten kata “book”. Dalam daftar data base Kantor Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat (AS), Facebook memang memiliki 73 merek dagang aktif, namun kata “book” tidak ada dalam daftar tersebut.

Jika calon pengguna Facebook menyetujui apa yang diminta Facebook, maka otomatis ia menyetujui perjanjian hak dan tanggung jawab merek dagang “book” yang sebenarnya belum dimiliki Facebook.

Langkah Facebook ini banyak dikritisi oleh pengamat hak cipta. Dalam posisi sekarang ini, Facebook belum berhak memasukkan kata “book” dalam perjanjian.

Sebelumnya, Facebook juga mencoba menghadang penggunaan kata “book” dari nama situs-situs baru. Facebook pernah menggugat situs komunitas online untuk guru bernama “Teachbook”. Namun, proses hukum antara keduanya masih tertunda.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: