Social Media Agency


ARWUDA -Untuk para pengguna jejaring sosial Twitter, memiliki banyak follower terkadang menjadi gengsi tersendiri oleh si pemilik akun. Namun para pengikut tersebut memiliki beragam sifat, ada yang hanya sebagai penonton, ada pula yang aktif dan menjalin komunikasi dengan orang yang di-follow-nya.

Ada 7 (tujuh) level follower menurut Adrian Dayton, seorang pengamat dan penulis buku media sosial. Terdiri dari:

Level 1 : The Bots

Pengikut ini bisa dibilang sebagai “level terbawah” dalam hubungan interaksi. Pengikut ini biasanya tidak mengenal siapa yang di-follow-nya, bahkan mereka tak pernah menjalin interaksi atau malah menyebar spam alias postingan tidak berguna.

Dayton menyebut follower tipe ini tak berguna selain untuk sekadar menambah jumlah pengikut.

Level 2 : The Sleepers

Dari namanya The Sleepers diidentikan sebagai pengikut “tukang tidur”. Pengikut tipe ini sangat jarang berkicau, selama karirnya paling cuma 10 kali berkicau atau hanya beberapa hari sekali/minggu masuk ke situs 140 karakter tersebut.

Level 3 : Word Searches

Seorang Word Searches bergerak berdasarkan biografi atau kesamaan minat dari tweeps yang akan di-follow. Misalnya, seseorang mem-posting mengenai sepeda fixie. Tidak beberapa lama pemilik akun itu di-follow oleh perusahaan yang menjual barang-barang sepeda fixie tersebut. Pengikut tipe ini dinilai lebih berharga dibandingkan dua level sebelumnya. Sebab setidaknya, ia memiliki kesamaan minat dengan Anda.

Level 4 : Readers

Sesuai tingkatanya, pengikut tipe ini lebih menyenangkan. Sebab ia merupaka tipe pengikut yang suka membaca posting-an kicauan atau blog Anda. Tak jarang pula, The readers me-retweet kicauan dari yang di-follow-nya. Hal tersebut dapat membuat Anda terkenal dengan aksi retweet-nya.

Level 5 : Engagers

Pada level ini, pengikut tak sekadar membaca dan me-retweet kicauan. Namun juga sudah mulai menjalin interaksi. Anda sebagai yang di-follow-nya pun sevaiknya dapat membalas interaksi tersebut sehingga dapat terjalin hubunga yang baik.

Level 6 : Contacts

Level selanjutnya yaitu dengan meninggalkan dunia maya untuk melangkah ke dunia nyata. Tahap ini bisa dimulai dengan kopi darat untuk sekadar makan siang atau kontak via telepon.

Level 7 : Friend

Level ini merupakan level tertinggi dari suatu kontak antara pemilik akun dengan pengikutnya. Mereka dapat membentuk suatu hubungan yang lebih bernilai di dunia nyata, meski berawal dari kicauan. Hubungan dengan sahabat, rekan kerja ataupun klien memiliki kemungkina terjadi di media sosial seperti Twitter yang dibatasi dengan 140 karakter.

Lalu termasuk tipe follower manakah diri Anda?🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: