Social Media Agency


ARWUDA – Berbagi foto atau link di jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google Plus mungkin sudah sering Anda lakukan. Kini ada jejaring sosial baru yang menggunakan prinsip pinboard yaitu Pinterest.

Pinterest merupakan sebuah situs untuk “menempel”, mengorganisasi dan membagikan kepada pengguna lain. Jika pinboard hanya tertempel di dinding kamar atau bookmark bar hanya akan berada di browser pemilik, di Pinterest akan menampilkan dan membagikan kepada pengguna lain apa yang Anda “pin” atau bookmark di akun Anda.

Sekilas mengenai gambaran Pinterest

BOARD

Board dapat dikatakan sebagai papan untuk menancapkan konten yang menarik. Di Pinterest Anda bisa memilik banyak papan. Memiliki banyak papan adalah untuk mengkategorisasikan apa yang Anda suka. Contohnya, blog ini yang menyukai Fashion akan membuat papan bernama Fashion nantinya akan ditempeli tentang hal menarik sekitar font dan desainnya.

BOOKMARKLET

Sama halnya seperti Ctrl+D pada browser, Anda juga bisa langsung mem-bookmark konten yang sedang dibaca dengan mudah. Pinterest menyebutnya Pin It button dengan menggunakan Javascrip yang bisa diletakkan pada bookmark bar. Konten di “Pin It” nantinya akan menampilkan pilihan di board mana konten itu akan ditampilkan.

NETWORKING AND REPIN

Pinterest mempunyai dunianya sendiri. Di dalamnya terdapat stream konten, following, follower, like, komentar, dan sistem sharing yang memiliki istilah RePin. Istilah ini mirip dengan istilah Reblog yang ada pada Tumblr. RePin ini mempunyai fungsi yang sama seperti ReBlog pada Tumblr yaitu untuk copy paste.

Setiap kegiatan yang dilakukan seperti “RePin”, “Comment”, atau “Like” di postingan Anda, akan terdapat notifikasi yang masuk ke alamat email yang terdaftar. Sehingga Anda bisa mengikuti perkembangan Pinterest tanpa harus login ke situs web jika sdang sibuk. Login Pinterest tidak harus dengan membuat akun Pinterest baru akan tetapi juga bisa menggunakan akun Twitter maupun Faccebook.

Berminat mencoba jejaring sosial baru ini? Kunjungi langsung di Pinterest.com

Comments on: "Apa itu Pinterest?" (2)

  1. Pinterest, nama yang cukup aneh.. apa ciptaan anak negeri nih min? kan ada unsur Pinter Pinter nya. hehehe

    • jejaring sosial ini diciptakan oleh Ben Silbermann, Paul Sciarra (keduanya alumnus Universitas Yale) dan Evan Sharp yang membentuk perusahaan bernama ‘Cold Brew Labs’. kata pinterest ini berasal dari kata pin dan interest jadi pin your interest. mereka menggunakan konsep seperti pinboard. dicoba saja jejaring sosial baru ini🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: