Social Media Agency


ARWUDA – Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa strategi merupakan hal yang sangat penting dalam kampanye media sosial. Strategi merupakan langkah awal sebelum memulai taktik nyata di dalam kampanye media sosial. Itulah sebabnya kampanye media sosial sangatlah penting. Strategi diperlukan untuk mengukur ROI suatu kampanye. Beberapa langkah sederhana yang perlu diperhatikan ketika memulai kampanye media sosial.

1. Kenali apa yang sedang Anda kerjakan
Membuat kalimat singkat sederhana yang padat yang akan menjadi pencapaian jangka pendek Anda (5 tahun ke depan). Jadikan kalimat tersebut fokus selama melakukan kampanye.
2. Mendengarkan Percakapan khalayak mengenai brand Anda
Cari tahu apa yang khalayak sering cari atau bicarakan mengenai brand Anda. Pembicaraan baik positif ataupun negatif, konten yang paling menarik minat, di mana mereka membicarakan, seberapa sering brand Anda dibicarakan. Bandingkan juga dengan kompetitor Anda.

Untuk mencari tahu hal ini Anda dapat menggunakan berbagai monitoring media sosial yang berbayar maupun gratis.

3. Tetapkan Tujuan !
“Banyak jalan menuju Roma”, namun untuk efektifitas, hanya ada satu jalan terdekat. Sama halnya banyak tujuan, namun untuk membuat strategi kampanye berhasil hanya diperlukan satu tujuan yang spesifik. Jika suatu tujuan telah tercapai, Anda dapat melanjutkan dengan tujuan lainnya, namun satu tujuan dimaksudkan agar kampanye Anda menjadi efektif.
Buat pula prioritas setiap tujuan agar tidak salah dalam penempatan tujuan dan dalam pembuatan strategi.

4. Cari orang yang berpengaruh di masyarakat
Cari opinion leader atau ambasador untuk brand Anda. Pastikan orang tersebut memiliki pengaruh dalam media sosial dan paling banyak didengarkan dalam media sosial. Cara mengukur pengaruh seseorang di media dilakukan berdasarkan jumlah orang yang aktif dalam halaman atau sering memberi tanggapan bahkan berlangganan dalam suatu blog.

5. Miliki target khalayak
Anda tidak mungkin menyenangkan semua pihak pada satu kampanye karena berbeda kelompok masyarakat, berbeda pula cara menanganinya. Dengan mengetahui target khalayak, maka Anda dapat menentukan media sosial yang akan Anda gunakan. Untuk menciptakan komunitas dalam media sosial yang berkembang, maka Anda harus mampu mendapatkan khalayak atau kontributor yang aktif.
Khalayak yang lebih muda biasanya lebih aktif daripada orang tua dan laki-laki tampaknya lebih aktif daripada wanita.

Baca juga : Waktu Terbaik kampanye media sosial (http://arwudanews.com/2012/01/20/waktu-terbaik-kampanye-media-sosial/)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: