Social Media Agency


ARWUDA– Dalam menentukan pembuatan halaman media sosial seperti Google+ atau LinkedIn atau Facebook yang sesuai dengan kebutuhan suatu perusahaan, ada beberapa hal yang dapat dijadikan bahan pertimbangan, seperti:

1. Media sosial yang paling banyak digunakan oleh khalayak sasaran.
LinkedIn lebih diarahkan untuk hubungan bisnis untuk bisnis (B2B), sedangkan Facebook untuk bisnis untuk perusahaan (B2C) atau individual. Sedangkan untuk Google+ belum terbukti saat ini manfaat utamanya, namun akan segera nampak ketika ia menjadi media sosial yang lebih besar.
Dalam halaman Facebook, khalayak lebih suka berbagi gambar dan foto ketimbang informasi tentang bisnis. Sedangkan dalam LinkedIn, khalayak lebih mencari tips seputar bisnis.

2. Nilai dalam penggunaan Google+, LinkedIn dan Facebook bagi perusahaan
Jika Anda ingin halaman Anda dikunjungi banyak orang, buatlah konten yang menarik atau setidaknya berbagi konten yang relevan dari halaman lain. Khalayak yang datang ke halaman Anda membutuhkan informasi lebih seputar bidang yang Anda geluti. Belajar lebih peka pada kebutuhan khalayak membuat orang mau datang ke halaman Anda.

3. Aktivitas khalayak dalam halaman Google+, LinkedIn, atau Facebook
Pembuatan sebuah halaman media sosial harus memiliki tujuan yang jelas. Dalam menentukan KPI ketika pembuatan media sosial dilakukan, respon yang diharapkan dari khalayak juga perlu dipertimbangkan. Fokus dalam promosi di media sosial juga akan menentukan strategi. Dalam keperluan bisnis, buat agar apapun yang dibicarakan mengarah kepada perusahaan Anda. Bahkan buat agar semua media sosial dapat terhubung dan mengutarakan pembicaraan yang sama.

4. Integrasi halaman Google+, LinkedIn dan Facebook
Khalayak belum tentu bermasalah dengan  ketidakhadiran perusahaan Anda di media sosial kecuali Anda memiliki pengaruh mendalam di sana.
Andaikata Anda memiliki pengaruh besar di facebook, belum tentu hal yang sama akan Anda dapatkan dalam Google+ ataupun LinkedIn. Karena isi setiap media sosial harus dipikirkan dan dipersiapkan matang-matang. Konten harus relevan dan pastikan dedikasi yang sama ditujukan pada setiap media sosial. Sehingga tidak hanya salah satu media sosial yang memiliki daya tarik lebih, tetapi semua media sosial yang digunakan memiliki karakteristik dan ciri khas yang dapat menarik khalayak untuk loyal.

5. Pengelolaan berbagai fitur media sosial
Semakin besar media sosial, semakin kaya pula fiturnya dan semakin terfragmentasi. Sebagai perusahaan yang bergerak juga di media sosial, Anda harus benar-benar memahami masing-masing fitur untuk dapat mengelola media sosial lebih maksimal.

6. Pengelola halaman Google+, Facebook atau LinkedIn
Jika Anda ingin mengelola halaman Anda sendiri, hal itu mungkin saja dilakukan. Namun Anda memerlukan sumber daya manusia yang fokus bekerja dalam hal itu. Selain itu Anda juga memerlukan sumber data di mana akan membuang waktu untuk mendapatkannya. Hal ini dapat saja dilakukan. Namun, alternatif lainnya ialah dengan membeli jasa pada agensi media sosial karena umumnya mereka merupakan tim yang ahli dibidangnya dan memiliki sumber data yang dapat dipercaya. Mereka juga dapat dijadikan penasihat bisnis dalam media sosial.
Meski demikian tentunya ada anggaran lebih untuk membeli jasa tersebut, namun untuk hasil yang lebih memuaskan.

Comments on: "Pertimbangan Pemilihan Beberapa Media Sosial Bagi Perusahaan" (2)

  1. Wow, cool post. I’d like to write like this too – taking time and real effort to make a great article… but I procrastinate too a lot and never seem to get started. Thanks though. 151490

  2. Richard Bach: “You teach best what you most need to learn.”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: