Social Media Agency


ARWUDA – Salah satu situs yang paling banyak dikunjungi, melakukan aksi blockout HARI INI selama 24 jam. Sebuah situs ensiklopedia yang bebas diakses melakukan aksi ini sebagai bentuk protes kebijakan anti pembajakan (anti-piracy legislation) karena mengangap hal ini menjadi ancaman pada kredibilitas pekerjaan. Sebagai penyedia ensiklopedia bebas, kehadiran Wikipedia yang netral sangat dibutuhkan oleh dunia.
Selama aksinya, pengunjung halaman Wikipedia akan melihat tulisan hitam putih mencolok dengan pesan: “Imagine a world without free knowledge.” (Bayangkan sebuah dunia tanpa pengetahuan gratis). Hal ini ditujukan sebagai protes atas kongres yang menghasilkan RUU SOPA/PIPA yang akan berakibat fatal bagi penyebaran informasi gratis di situs sosial yang telah dibangun bertahun-tahun. Aksi yang dilakukan Wikipedia juga mendapat dukungan dar google.com, microwiki.org.uk, wordpress.com dan banyak situs besar lainnya. Wikipedia juga ingin menbangun kesadaran baik dari sisi pengguna media maupun dari sisi legislatif.
Ini pertama kalinya web Inggris melakukan aksi blackout dan berhasil memancing kritikus untuk berkomentar, di sisi lain, editor mengalami beberapa kebinggungan.
Selain Wikipedia, salah satu penyedia layanan blog terbesar, WordPress, akan mendukung aksi blackout tersebut dengan menyediakan pengaturan bagi pengguna WordPress.com (layanan blog gratis), atau dengan plugin khusus bagi pengguna mesin dari WordPress.org di blognya. Berikut petunjuk yang diberikan WordPress untuk berpartisipasi dalam aksi ini:
1.    Dari halaman Dashboard, klik bagian Pengaturan/Setting, lalu klik menu Protest SOPA/PIPA;
2.    Akan muncul pilihan apakah Anda ingin menggelapkan seluruh halaman depan, atau hanya menampilkan pita yang berisi pernyataan protes;
3.    Jika Anda memilih untuk menggelapkan halaman, Anda bisa menyunting pesan yang akan muncul, sesuai dengan keinginan Anda, terkait SOPA/PIPA;
4.    Preview/Pratinjau tata letak halaman tersebut;
5.    Klik tombol “Save Changes” atau “Simpan Perubahan” untuk mengaktifkan halaman tersebut.
Anda yang memilih memasang pita protes, akan melihat pita tersebut terpasang di sudut kanan halaman blog Anda, yang akan mengantar pengunjung ke halaman americancensorship.org. Pita ini akan tersemat di sana hingga tanggal 24 Januari 2012, hari dimana Senat Amerika akan melakukan voting untuk RUU ini. Jika Anda memilih menggelapkan seluruh halaman, maka akan muncul pula halaman hitam berisi pesan, link ke sopastrike.com/strike  dan video yang menjelaskan mengapa SOPA/PIPA ini harus diprotes. Halaman hitam ini hanya akan muncul selama 24 jam.
Bari para pengguna mesin WordPress.org di server sendiri, ada beberapa plugin yang bisa digunakan. Plugin-plugin tersebut bisa dijumpai di halaman berikut: wordpress.org/extend/plugins/tags/sopa. Pengguna  bisa memilih sesuai bentuk dukungan yang ingin diberikan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: