Social Media Agency


ARWUDA – Facebook, dengan lebih dari 1 Milyar pengguna menyajikan peluang besar bagi bisnis. Namun pertanyaannya ialah dapatkah Facebook menghasilkan keuntungan keuangan dalam bisnis?
Sudah banyak usaha kecil yang meningkatkan penjualan melalui Facebook dan berhasil memperoleh keuntungan besar, namun bagi perusahaan besar, menguntungkan tidaknya suatu kampanye Facebook memiliki perbedaan tolak ukur.

Bagi perusahaan besar, cakupan yang diharapkan untuk terjaring tentunya lebih besar daripada bagi usaha kecil. Sehingga cara menjaring pengguna Facebook dan menarik perhatian mereka menjadi factor yang perlu dipertimbangakan. Karena pada akhirnya keputusan membeli atau tidak akan terjadi juga di sini.

Ada sejumlah strategi perusahaan menggunakan Facebook untuk melakukan bisnis secara efektif. Mari kita lihat beberapa cara tersebut.

1. Iklan berbasis e-commerce
Suatu brand dapat memanfaatkan layanan e-commerce dengan jangkauan luas dan penargetan platform yang disesuaikan denganiklan Facebook. Mereka dapat membuat iklan yang mengambil clickers langsung ke situs e-commerce. Dengan memanfaaatkan e-commerce, umumnya ROI akan tinggi, bahkan bisa mencapai 300%.

2. Iklan Facebook dan e-mail
Banyak perusahaan sudah memiliki akun e-mail khusus untuk berkomunikasi dengan pelanggan mereka yang jumlah traffic harian juga sudah dapat diukur.
Bagi perusahaan tersebut yang juga memiliki Fan Page di Facebook, mereka dapat mengiklankan Fan Page mereka untuk mendapatkan lebih banyak fans yang sesuai dengan target perusahaan tersebut.
Bahkan akan lebih efektif apabila iklan tersebut dibarengi dengan suatu kampanye berupa kontes. Dengan demikian khalayak akan lebih banyak lagi diundang untuk bergabung menjadi fans.
Memungkinkan juga untuk menuliskan posting pada halaman khalayak atau bahkan pelanggan ketika ingin menawarkan suatu produk sehingga muncul dalam feed pengguna. Hal itu dapat menjadi penjualan langsung. Namun jika hal tersebut dilakukan terlalu sering, maka pelanggan akan merasa terganggu. Pihak Facebook juga tidak mengizinkan hal demikian dan halaman Anda akan di blokir jika dianggap menganggu. Lakukan hal ini apabila perlu dan untuk pelanggan yang loyal saja.

3. Iklan Facebook dan Pesan Teks
Bisnis tidak bergegas untuk mengadopsi pemasaran SMS, tetapi 24% dari pemasar ponsel telah menemukan ROI kampanye mereka memenuhi atau melampaui harapan mereka, dan 4% dari semua pengguna ponsel telah merespon kupon untuk produk atau jasa. Misalnya dengan menunjukkan pada provider seluler tertentu bahwa seseorang telah tergabung dalam suatu Fan Page, maka orang tersebut akan mendapat diskon.

4. Membangkitkan Lalu Lintas Iklan Melalui Situs
Jika Anda seorang penerbit atau blogger, konten adalah raja dalam perdagangan, dan iklan biasanya selir. Mengapa tidak membuat sebuah halaman Facebook untuk situs Anda, menumbuhkan basis penggemar, kemudian posting link ke setiap artikel baru? Hal ini meningkatkan lalu lintas ke situs Web Anda. Karena pendapatan iklan Anda terkait dengan tampilan halaman, lalu lintas lebih dari pembaca baru dan lalu lintas dari penggemar berarti pendapatan iklan yang lebih untuk website Anda.

Fans juga dapat terjangkau diperoleh melalui iklan Facebook, tetapi pastikan Anda memahami jumlah waktu dan kreativitas yang dibutuhkan untuk kampanye sebelum Anda mulai. Perusahaan yang membuat halaman Facebook tanpa memahami strategi yang benar dan rencana yang baik biasanya posting dengan cara yang tidak mengakibatkan banyak interaksi. Sehingga penilaian secara keseluruhan, ROI usaha Anda menjadi rendah atau negatif. Tetapi ketika Anda mendapatkan penggemar yang tepat dari iklan Facebook dan melibatkan mereka dengan konten yang menarik, keuntungan sering mengikuti.

Comments on: "5 Cara Efektif Memperoleh Pendapatan Dari Facebook" (2)

  1. Nice tips…dari membuat APP gimana?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: