Social Media Agency


ARWUDA – Seiring ketatnya persaingan di dunia bisnis, para pelaku bisnis dituntut untuk kretaif dalam melakukan promosi. Berbagai macam strategi dikembangkan untuk menarik perhatian khlayak terhadap produk atau jasa yang meraka tawarkan. Teknologi juga menjadi salah satu alat bantu dalam melakukan strategi promosi. Kode QR atau yang biasa disebut dengan barcode merupakan cara baru yang dapat dilakukan untuk melancarkan satrategi promosi.

Kode QR telah ada sejak awal 90-an, tetapi hanya dengan adopsi smartphone dan barcode-scan aplikasi, pelanggan bisa dengan mudah mengakses kode QR dalam jumlah yang signifikan.

Apakah kode QR mencapai kesadaran publik secara luas, atau apakah mereka ditakdirkan untuk menjadi hal yang unik tapi disisihkan dari kampanye promosi utama?  Kecenderungan teknologi pribadi yang semakin kompleks menunjukkan bahwa ada potensi bagi kode QR untuk berkembang, tapi pertanyaannya apakah pemasar akan sepenuhnya memanfaatkan peluang-peluang yang kode QR tawarkan.

Jadi, apa yang bisa pemasar lakukan untuk membuat pelanggan keluar dari zona kenyamanan mereka dan mencoba sesuatu yang baru? Kemampuan untuk mengakses informasi tidak akan mendorong pelanggan ke situs suatu produk kecuali ada alasan bagi mereka untuk melakukannya. Berikut adalah beberapa contoh yang paling kreatif, menyenangkan dan menarik dari pemasaran kode QR yang menunjukkan kode QR memiliki potensi untuk memperkaya pengalaman produk dan menawarkan nilai pelanggan nyata.

1.    Menciptakan Pengalaman Belanja
Tesco global memecahkan masalah dalam membawa barang – barang belanjaan. Mereka hanya perlu membuat gambar seperti rak toko. Di dalam rak tersebut terdapat gambar produk yang dilengkapi dengn kode QR. Pembeli hanya perlu memindai (scan) kode QR dari produk yang mereka inginkan dan barang belanjaan mereka akan tiba dirumah dengan sednirinya, sehingga para pelanggan tidak perlu membawa belanjaan yang berat.
2.    Meningkatkan Pengalaman Pengguna
Potensi kode QR ditanggapi baik oleh galeri seni seperti The Museum Cleveland menggunakan kode QR di samping pameran, sehingga para pengunjung wisata langsung bisa mengakses penjelasan online atau bahkan penjelasan audio untuk menyediakan informasi yang lebih mendalam.

3.    Memperlancar Kunjungan Pelanggan
Toko seperti Starbucks menggunakan kode QR untuk merampingkan cara mereka berinteraksi dengan pelanggan. Daripada menunggu dalam antrean panjang untuk membayar, pelanggan kini dapat mengintegrasikan sim-card mereka dan aplikasi telepon untuk membayar lebih cepat, serta belajar lebih banyak tentang produk dan toko.

4.    Memperhatikan Apa Yang Anda Nikmati
Di restoran dan menikmati anggur Anda? Daripada menulis nama anggur pada kertas, saat ini pelanggan dapat memindai label kode QR anggur untuk mengetahui lebih lanjut tentang kebun anggur, anggur, dan rincian pemesanan.

5.    Berikan Pelanggan Sesuatu Yang Mereka Inginkan
Mountain Dew dan Taco Bell bermitra pada promosi di mana pelanggan memindai kode QR pada cangkir minum untuk mendapatkan download musik gratis. Mereka tahu pelanggan mereka adalah anak muda dan mereka tertarik dalam budaya populer. Kampanye ini memperoleh hasil lebih dari 200.000 download.

6.    Menyediakan Informasi Real-Time
Kode QR dapat mengambil pelanggan untuk update secara real-time di mana saja selama ada koneksi untuk internet.

7.    Memulai Berbagi Kompetisi Yang Menarik
Mengajak khalayak untuk memindai kode QR yang langsung mengakses suatu kompetisi di Facebook.  Banyak cara yang dapat dilakukan, salah satunya yaitu dengan membagikan link ke sejumlah teman, dan jika jumlah tercapai maka mereka akan mendapatkan hadiah yang menarik seperti handphone.

8.    Memberi hadiah secara personal
Ketika melakukan promosi secara offline, beri hadiah menarik yang mencantumkan kode QR. Dengan memindai kode, seseorang dapat merekam pesan suara pribadi bagi si penerima misalnya.

9.    Bantu pelanggan membangun bisnis mereka
Google mengidentifikasi lebih dari 100.000 bisnis di Amerika Serikat sebagai tempat favorite di Google. Bisnis yang Google lakukan dengan bisnis-bisnis lokal akan mendapat kode QR yang unik, sehingga dengan memindai kode tersebut, ulasan dan informasi seputar bisnis terkait dapat ditemukan.

Comments on: "Strategi Promosi Dengan Kode QR" (2)

  1. I just added your web page to my bookmarks. I enjoy reading your posts. Thank you!
    Sony Camera Reviews

  2. harus punya pemindainya berarti ya..
    sedangkan penggunanya masih jarang lho
    🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: