Social Media Agency


ARWUDA– Hingga saat ini sudah banyak orang melakukan kampanye melalui media sosial, ada yang berhasil namun ada pula yang kurang efektif. Jika diperhatikan apa yang dilakukan suatu brand sehingga kampanye mereka berhasil dan brand apa yang pernah melakukan kampanye terbaik?

Dalam kampanye media sosial, ada 3 faktor utama yang penting, yaitu menarik, mudah diingat dan kreatif. Jangan melakukan kampanye besar yang sama atau sering dilakukan brand lainnya.

Dua kampanye besar yang dinyatakan sangat berhasil, seperti ditulis dalam sysomos.com ialah Old Spice dan Burger King.

Keunggulan dalam kampanye Old Spice, yaitu mereka memiliki juru bicara yang populer, sehingga mereka mampu menciptakan kampanye media sosial yang interaktif melalui Facebook, Twitter dan YouTube. Respon dari pertanyaan khalayak dijawab dengan cepat dan kritis, sehingga membuat orang puas dengan respon yang diberikan.

Lain halnya dengan Burger King yang melakukan kampanye unik, menegangkan, namun kontroversial dengan tetap mengandalkan Whopper. Kampanye ini disebut kontroversial karena dengan melakukan unfriend kepada 10 teman Facebook, maka seseorang akan mendapatkan 1 whopper gratis, di mana info unfrienda akan tersebar ke seluruh jaringan Facebook pengguna melalui aplikasi yang digunakan Burger King. Hal ini membuat Facebook menutup aplikasi tersebut karena kampanye ini mengorbankan lebih dari 50.000 pengguna.

Tidak hanya brand-brand komersil, ada pula seorang pembuat film yang melakukan kampanye hingga film kecil tanpa anggaran menjadi suatu kesuksesan besar, yaitu The Blair Witch Project.

Yang terpenting ialah kunci yang telah disebutkan di atas, membuat kampanye menarik dan terhubung dengan pikiran khalayak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: