Social Media Agency

8 Etika Twitter


ARWUDA – Twitter menjadi salah satu media sosial yang digunakan untuk berinteraksi dan bersosialisasi dengan orang lain. Dengan kapasitas maksimal 140 karakter, Twitter mejadi salah satu situs sosial yang sering digunakan khalayak.
Namun tak jarang pula terjadi suatu kasus yang berbuntut hukum yang disebabkan penggunaan twitter yang sembarangan. Karena itu, ada beberapa etika dalam menggunakan Twitter agar tidak terjadi hal yang dapat merugikan.


1.    Jaga ucapan
Di dalam twitter kita harus mengontrol setiap ucapan yang akan kita ketik. Ingat bahwa orang dapat melacak semua ucapan kita di Twitter melalui mesin pencari Google hanya dengan mengetik nama Twitter kita.

2.    Berinteraksi dan berbagi informasi penting
Twitter merupakan media interaktif. Kita dapat mengomentari informasi yang disampaikan orang lain, juga dapat re-tweet informasi yang menarik. Dengan melakukan re-tweet, teman-teman kita di Twitter juga dapat ikut membaca hal tersebut. Tapi lakukan dengan informasi yang berguna, bermanfaat dan menarik, bukan informasi yang merugikan.

3.    Perhatikan frekuensi
Selain sebagai situs sosial, saat ini Twitter juga dapat dimanfaatkan banyak pebisnis untuk menunjang aktivitas bisnis mereka. Tidak disarankan untuk melakukan promosi yang berlebihan. Seperti tiap 3 menit sekali menulis mengenai bisnis atau mempromosikannya. Bisa jadi hal ini membuat kita kehilangan pengikut. Lebih baik untuk menggabungkan antara tweet yang informatif dengan produk kita.

4.    Seimbangkan profesionalitas dengan personalitas
Kita harus menjad sumber informasi yang dapat dipercaya dan dapat diandalkan. Untuk itu, kita harus menjadi pengguna yang ramah, tetapi tetap professional. Sampaikan pesan di saat yang tepat, dan jangan segan-segan menyampaikan ucapan selamat dan rasa terima kasih.

5.    Ikuti orang-orang menarik
Ikuti orang yang menurut kita penting dan mempunyai kesamaan bidang dengan kita atau bidang yang kita senangi. Mengikut orang yang mengikuti kita tidak menjadi suatu kewajiban. Perhatikan profile orang yang mengikuti kita baru kita balik mengkuti.

6.    Bicara yang penting saja
Sampaikan pesan secara to the point (tidak bertele-tele), tetapi menarik. Jangan hanya membicarakan diri sendiri dan mengumbar sesuatu yang personal. Gunakan penyingkat URL bila menyertakan link.

7.    Hindari layanan otomatis
Pesan-pesan yang disampaikan secara otomatis dapat dinilai mengganggu atau spam. Kadang orang lain tidak tertarik untuk melakukan interaksi dengan kita, bahkan berujung pada tindakan unfollow.

8.    Hindari perdebatan
Tidak diperbolehkan berdebat di dalam twitter karena hal tersebut dapat menunjukan nuansa provokasi atau menyerang kredibilitas seseorang.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: