Social Media Agency


ARWUDA – Sebuah organisasi non-profit di Miami, Floria (Parkultur) berhasil mengumpulkan lebih dari 120.000 fans dalam waktu kurang dari 2tahun. Seperti yang kita tahu bahwa suatu oranisasi non-profit dengan anggaran terbatas,  memiliki keterbatasan kemampuan dalam hal berpromosi. Uniknya hal ini tidak menjadi hambatan jika kita menengok pada pencapaian yang mereka hasilkan. Memang tidak banyak organisasi non-profit yang dapat mencapai keberhasilan seperti itu, namun apabila dipelajari dengan lebih lanjut, maka ditemukan beberapa hal yang dapat dijadikan kunci bagi suatu Fan Page sehingga dapat menarik masyarakat.

•    Kualitas fans VS kuantitas fans
Ketika suatu Fan Page lebih mementingkan kualitas Fan Page mereka dibandingkan kuantitas, maka kuantitas dengan sendirinya akan mengikuti kualitas. Hal menarik yang dapat dilihat dari Parkultur adalah mereka fokus untuk terus menambahkan nilai-nilai kepada komunitas, bahkan memberikan mereka informasi dan link video yang menarik bagi komunitas mereka.

Jika dilihat tingkat keterlibatan fans dalam halaman Facebook juga baik. Dalam hari-hari normal, orang yang terlibat dalam percakapan dengan halaman ini dapat mencapai lebih dari 4.000. Sehingga semua yang terlibat benar-benar mendapat informasi, di samping itu, tanggapan dari Parkultur sendiri juga baik.

•    Fans lebih suka konten yang memberikan nilai-nilai, jangan hanya mementingkan promosi!
Belakangan ini, banyak sekali perusahaan yang memanfaatkan Facebook sebagai sarana promosi untuk menarik fans yang banyak. Tetapi pada kenyataanya banyak orang yang hanya sekedar men-“Like” Fan Page hanya untuk memenangkan promosi tertentu. Sebenarnya bagaimana cara yang efektif untuk menarik perhatian publik? Blackberry Singapore adalah salah satu perusahaan profit yang patut dicontoh.Untuk beberapa bulan sampai Desember 2011 lalu, Blackberry Singapore hanya melakukan satu kali promosi melalui konten yaitu tentang Smartphone dari Facebook. Sisa dari konten tersebut adalah tentang konten yang berkualitas tentang bagaimana cara para pengguna Blackberry menggunakan Blackberry secara maksimal. Kita membicarakan tentang aplikasi, tips singkat, dan bahkan video dari pengguna Blackberry tentang bagaimana Blackberry telah memberikan dampak yang begitu besar kepada kehidupanya. Hasilnya? Adanya keterlibatan yang aktif dan sangat positif dari khalayak, banyak sekali share, dan konten yang dimana sangat relevan dan sangat bermanfaat bagi komunitas luas.

•    Jenis dari Konten patut diperhatikan
Ada yang mengatakan, “Jika Konten adalah Raja, maka percakapan dari konten tersebut adalah ratunya”. Bagaimana cara kita menarik perhatian publik untuk membaca konten-konten yang telah kita buat? Buatlah sebuah konten yang bervariasi, tidak hanya dengan tulisan-tulisan, tetapi juga berbagi foto, video, dan konten yang menarik.
News Feed adalah hal pertama yang dilihat oleh pengguna Facebook pada saat masuk ke halaman Facebook mereka. Jadi ini sangat penting untuk mengoptimalkan Objek (Status update, Foto, video, dan link) dimana pengguna akan menemukan informasi yang lebih relevan terhadap ketertarikan mereka dan juga mendorong keterlibatan yang lebih besar.
Secara Umum, Facebook lebih cendrung kepada konten yang interaktif. Ini artinya bahwa foto dan video memiliki kecendrungan yang lebih tinggi untuk berada di paling atas news feed dari para fans dibandingkan dengan hanya link atau update status. Pada kenyataanya, persamaanya akan menjadi seperti berikut : Foto dan Video > Link > Update Status.
Konsistensi dan pemilihan waktu juga sangat berpengaruh. Dan kita pasti tidak akan malas jika ingin menang banyak dalam permainan di Facebook. Jadi selain memberikan konten di Fan Page kita, tambahkan juga hal-hal yang menarik untuk menarik perhatian publik.

•    Fan Posting
Mungkin jika kita perhatikan, tidak sedikit perusahaan atau brand yang tidak mengizinkan khalayak untuk melakukan post di Fan Page nya. Dan tidak sedikit brand yang memberlakukan hal tersebut tapi memiliki banyak fans di halaman Facebook mereka. Tapi bagaimana cara mereka tetap sukses? Ketika memilih untuk kita mengijinkan atau tidak fans untuk melakukan posting, kita harus memikirkan variasi dari masing-masing brand. Secara umum, praktek semacam ini tidak dianjurkan, karna akan mengasingkan fans kita. Lebih penting, taruh harapan kita kepada komunitas mulai dari awal. Apakah itu untuk update berita atau untuk hal-hal lainnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: