Social Media Agency


ARWUDA – Seiring perkembangan Media Sosial di abad-21 ini, membawa suatu pertanyaan besar bagi industri media. Apakah media sosial ini akan mengantikan media konvensional (seperti TV, radio, koran dan majalah) selamanya? Dapatkan media konvensional menang dalam pertarungan merebut minat masyarakat di era digital ini? Baik media sosial maupun media konvensional memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Sebagai perbandingan, beberapa point berikut dapat dijadikan acuan mengenai keunggulan masing-masing media.

Biaya Operasional

Media sosial umumnya lebih murah dari media konvensional. Siapapun hanya perlu terhubung dengan jaringan internet untuk menerbitkan atau mengirimkan informasi. Media konvensional memerlukan alat mahal dan teknologi tinggi untuk dapat menyebarkan berita.

Jangkauan

Media sosial tidak terbatas pada waktu tayang/terbit atau akses informasi dalam skala lokal. Media sosial memiliki ruang lingkup yang sangat luas dan tak terbatas. Fiber optics, satelit, dan mobile technology sekarang dapat digunakan untuk men-download dan meng-upload informasi ke situs media sosial. Media konvensional seperti koran tergantung pada operasi logistik untuk dapat mendistribusikan informasi. Radio dan TV juga tergantung pada berbagai satelit penyiaran mereka. Mereka hanya bisa umumnya mencakup satu atau beberapa kota.

Mudah di akses dan digunakan

Media sosial adalah yang media yang paling mudah digunakan (user-friendly) di antara semua media sosial lainnya. Kebanyakan program saat ini juga mengimbangi kebutuhan agar lebih mudah digunakan. Mengakses informasi dari media konvensional umumnya satu arah. Pembaca, pendengar, dan pemirsa hanya diberi makan oleh informasi yang dikendalikan oleh operator media konvensional. Bagi mereka untuk berbagi informasi langsung kembali ke penyedia layanan media konvensional membutuhkan waktu dan sumber daya. Hal ini membuat media konvensional kurang interaktif.

Transmisi informasi bersifat real-time

Media sosial adalah cara tercepat untuk menyampaikan dan menerima informasi secara global. Sebuah video sederhana menggunakan internet sangat mengurangi waktu yang dihabiskan untuk mengirimkan informasi. Ditambah meningkatkan bandwidth pada koneksi internet dan mengarah pada transmisi real-time (waktu sebenarnya) . Media konvensional dapat berlangsung jam, hari, atau bahkan berminggu-minggu untuk menyampaikan informasi kepada publik.

Modifikasi informasi

Media sosial menyediakan akses termudah untuk mengubah informasi dan membuatnya lebih baik, akurat dan interaktif. Pengguna langsung dapat menambah, menghapus, dan mengubah bagian-bagian tertentu sesuai dengan preferensi mereka. Dalam sebuah media konvensional, apa yang dilakukan adalah dilakukan. Ketika kerusakan tertentu terjadi, dibutuhkan waktu untuk memperbaiki kesalahan. Belum lagi biaya yang dibutuhkan untuk mengembalikannya.

Comments on: "Kehadiran Media Sosial Membunuh Media Konvensional" (2)

  1. iya jadi lebih mudah dengan media sosial dimana pun kita bisa mendapatkan informasi

    • Nah itu juga salah satu alesan banyak bisnis online termasuk di Smartphone.. Haha karena media sosil sifatnya mobile.. Tuh kan media sosial bawa banyak keuntungan.. ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: