Social Media Agency


ARWUDA – Facebook dan twitter merupakan media sosial yang digunakan banyak individu ataupun perusahaan untuk berbagai keperluan, baik yang bersifat pribadi maupun organisasi. Jika diberi pertanyaan manakah di antara kedua media sosial ini yang lebih efektif?

Berbagai jawaban beserta alasan mungkin saja muncul, namun tidak kekuatan dua orang akan lebih besar dibandingkan hanya satu orang. Demikian pula halnya dengan media sosial. Meski tidak selamanya, penggunaan kedua sosial meia ini efektif, namun keberhasilan penggunaan sosial media bergantung pada tujuannya.

Sebelum memutuskan penggunaan suatu sosial media, sebaiknya kenali dulu jenis media sosial yang akan digunakan. Baik Facebook maupu n Twitter, memungkinkan penggunanya untuk berbagi informasi, link, video maupun foto. Namun Facebook memiliki nilai privasi yang lebih tinggi daripada Twitter. Facebook merupakan media sosial yang seringkali digunakan untuk berinteraksi dengan kerabat atau keluarga atau rekanan. Fungsi Facebook di sini lebih mengacu pada interaksi sosial yang bersifat lebih private dan personal karena informasi tentang diri sendiri dapat ditampilkan di facebook secara lebih lengkap. Lain halnya ndengan Twitter, di mana interaksi antara pengguna Twitter lebih melihat pada kesamaan minat. Ketika seseorang mengikuti (Follow) brand atau orang pada umumnya mereka memiliki kesamaan minat. Dalam hubungan dengan dunia bisnis, perkembangan terbaru dunia bisnis dapat lebih mudah diperoleh melalui Twitter karena sifat Twitter yang lebih cepat daripada Facebook.

Namun, update status di facebook bersifat tidak terbatas. Update status lebih panjang dan post yang ada dapat dilihat seluruhnya karena timeline facebook menyimpan update lebih lama dibandingkan Twitter yang hanya hitungan jam. Hal ini membuat kecenderungan orang untuk update status di twitter lebih sering daripada di Facebook karena sifatnya yang cepat.

Bagaimana untuk keperluan bisnis? Manakah lebih penting untuk mendapat perhatian khalayak media sosial? Kedua media sosial itu penting dan dapat sangat efektif apabila digunakan dengan strategi yang benar. Penggunaan kedua sosial media dapat membangun kepercayaan lebih tinggi daripada hanya satu sosial media. Namun, kesalahan strategi dapat membuat kedua sosial media ini tidak efektif pula.

Comments on: "Facebook Atau Twitter Yang Lebih Penting?" (1)

  1. tapi menurutku lebih penting facebook, karena selain fitur yang ditawarkan lebih lengkap.. facebook juga bisa di link.an ke banyak account jejaring sosial lain.. kalau twitter saat ini hanya untuk ajang menggalau saja istilahnya. Karakter huruf yang sedikit kadang membuat geregetan yang ngirim tweet..karena yang diomongkan nggak cukup.. featurnya juga sangat sederhana. Namun, tergantung pada pemakainya juga,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: