Social Media Agency


ARWUDA – Sebagai sebuah brand, mengelola percakapan atau “conversations” di media sosial merupakan suatu seni tersendiri. Berikut adalah 8 tips mengenai cara mengelola percakapan dengan baik:

1. Ingatlah bahwa di dalam media sosial, Anda tidak memiliki kendali penuh terhadap pesan yang disampaikan. Biarkan mereka berdiskusi dan pantau diskusi tersebut dengan seksama.

2. Ketika memantau diskusi di media sosial, pantaulah secara menyeluruh. Jangan hanya di Facebook atau Twitter saja, tetapi di semua media sosial. Gunakan informasi ini untuk terus mempertajam strategi komunikasi Anda.

3. Komunikasi di media sosial tidak sama dengan kampanye iklan. Kampanye iklan berjalan pada waktu-waktu tertentu, sedangkan di media sosial, komunikasi berjalan terus menerus.

4. Jangan pernah berbohong, membalas kritik atau mengancam didalam komunikasi di media sosial. Masalah yang kecil bisa menjadi masalah yang besar hanya karena tanggapan yang tidak menyenangkan.

5. Jangan pernah mengatakan hal-hal yang buruk tentang pesaing Anda. Jadilah brand yang memiliki sikap yang sportif dan selalu tenang. Pertahankan integritas brand Anda dalam segala situasi.

6. Kalau ada kritik di media sosial, berikan kesempatan bagi orang lain untuk bisa memberikan tanggapan. Jika Anda harus memberikan tanggapan terhadap kritik, upayakan agar jawaban Anda mengarahkan kepada layanan konsumen, jangan berdebat di media sosial tersebut.

7. Buatlah aturan yang jelas di dalam mengelola percakapan di sosial media. Komentar-komentar yang dihapus hanya kalau menyangkut SARA, kata-kata yang kotor, ancaman terhadap individu atau ejekan terhadap brand. Selain itu, upayakan untuk bisa menanggapi kritik tanpa harus menghapusnya.

8. Jika terjadi permasalahan yang serius, siapkan strategi dalam penanganannya. Ketika terjadi isu yang merebak dan berpotensi menjadi bola salju, segera dibahas pada tingkat manajemen. Tentukan siapa yang berhak untuk menjadi narasumber dalam menangani masalah tersebut, sebelum menjadi krisis.

Sebagai tambahan informasi, ketika berkomunikasi di media sosial, gaya bahasa yang digunakan harus konsisten, sesuai dengan karakter dari brand tersebut. Personifikasi brand menjadi semakin penting dalam percakapan di media sosial.

Selamat bercakap-cakap!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: