Social Media Agency


ARWUDA -Media Sosial memang memiliki pengaruh besar dan sangat bermanfaat, numun kesalahan dalam penggunaan media sosial dapat berdampak buruk juga, dampak buruk sosial menia nampak unik, misalnya:

1. Mendekatkan yang jauh; menjauhkan yang dekat

Dengan kehadiran media sosial, sebut saja seperti facebook, biasanya memudahkan seseorang untuk melepas rasa kangen dengan keluarga atau teman yang tinggal berjauhan karena dapat berbagi foto dan berkirim pesan atau chatting membahas berbagai hal, sehingga terasa dekat selalu. Akan tetapi ketika keluarga atau teman sudah berada berdekatan, tidak ada foto untuk dibagi dan tidak tahu topik apa yang ingin dibahas, sehingga seringkali ketika sudah berdekatan, tidak tahu ingin membahas apa, malahan kalau ada update terbaru dengan teman lain di media sosial, orang umumnya lebih senang membahas ke media sosial lagi.

Yang jauh jadi dekat, yang dekat jadi jauh bukan?

2. Masalah privasi

Sebelum media sosial bermunculan, banyak orang yang bercerita dengan buku harian atau dengan teman menggunakan telepon atau bertemu atau berkirim pesan dengan telpon selular. Namun masalahnya, banyak orang merasa privasi nya terganggu karena kehadiran media sosial. Aneh bukan? Bukankah mereka tetap dapat menyimpan hal yang sifatnya privasi dengan metode lama tanpa meletakan dalam media sosial. Dan anehnya lagi mereka marah ketika privasi yang diletakkan di media sosial itu dikomentari buruk oleh orang lain.

3. Perkembangan Tren

Tren yang berkembang di sosial media di terima dan dijangkau oleh lebih besar khalayak, namun banyak pula tren “aneh” yang masuk ke dalam media sosial dan tetap diikuti banyak orang dan dianggap tren. Misalnya di Indonesia, penggunaan bahasa Indonesia ataupun bahasa gaul yang sangat banyak seharusnya cukup untuk mengisi halaman-halaman media sosial. Namun anehnya, orang senang membuat dirinya susah dengan bahasa lainnya. Misalnya untuk menyatakan rindu pada seseorang kita bisa saja menulis “Aku Kangen Kamu” namun akan lebih susah dibaca apabila ditulis “Q k4176n K4mU”

Jadi pengaruh buruk media sosial terkadang bukan karena media itu buruk adanya, namunĀ  karena penggunaan yang tidak bijaksana dari media sosial menghasilkan dampak buruk. Hal ini lucu bagi beberapa orang, namun terjadi pada banyak orang dan biarlah menjadi pelajaran agar ke depan pemanfaatan media sosial lebih bijaksana.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: